Sahabat….

Pernahkah sahabat terpikirkan bahwa tulisan atau tanda tangan mengandung arti yang mendalam?

Atau…

Pernahkan membaca tulisan teman yang terbaca dan satu lagi tulisan yang kagak jelas bin kaya ceker ayam alias kaya tulisan resep dokter?

Wow… itu semuanya ada maknanya lho…

Nah… semuanya itu dipelajari dalam ilmu Grapologi. Apan tuch?

Grafologi adalah ilmu yang mempelajari tulisan dan tanda tangan seseorang. Dalam ilmu ini, tulisan seseorang dianlisa bukan hanya sebagai aktifitas fisik juga komunikasi dari otak. Fenomona alam bawah sadar inilah yang dijadikan dasar oleh grafologis (ahli pembaca tulisan atau tand tangan) dalam menganalisa tulisan atau tanda tangan seseorang.

Sahabat…

Pandangan kita akan masa lalu dan masa datang bisa dilihat dari pengaturan margin tulisan. Tulisan yang cenderung merapat ke kiri merupakan ciri orang yang selalu terkait dengan masa lalu. Sementara yang merapat ke kanan adalah tanda kesiapan menghadapi masa depan. Tinggi rendahnya harga diri tergambar dalam bentuk, ukuran dan penempatan huruf kapital dalam tulisan. Kemiringan tulisan pun merupakan salah satu aspek yang harus diperhatikan guna melihat hubungan sosial dengan orang lain.

Tidak perlu malu bila tulisan tangan Anda begitu jelek. Tulisan yang hurufnya kecil dan sukar dibaca bukan berarti Anda memiliki kepribadian yang sulit. Justru tulisan tersebut adalah tulisan orang yang mandiri dan cerdas. Sebaliknya tulisan yang besar dan enak dibaca bukan berarti orang tersebut pribadi yang hebat.

Nah… bagaimana dengan tanda tangan?

Untuk tanda tangan yang mudah dibaca berarti orang tersebut mempunyai sifat terbuka. Jika tanda tangannya ruwet dan sulit dibaca, artinya si pemilik orang yang tertutup. Dia tak ingin orang lain tahu banyak tentang kehidupannya.

Kemampuan analisa tuliasan dan tanda tangan untuk mengenal karakter dasar seseorang ini terkait erat dengan psikologi. Beberapa psikologi mempelajari hal ini secara lebih serius. Tak heran ada psikologi yang menganalisa tulisan klien untuk mengenal kepribadian dasar orang tersebut.

Namun, Ingat untuk menafsir seseorang tidak hanya 100 % kebenarannya dari sudut tulisan dan tanda tangan, sehingga perlu juga indikator yang lainnya. Walau demikian, ilmu ini bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari. Bagian personalia bisa memilih karyawan yang berkepribadian baik lewat surat lamaran kerja yang ditulis tangani oleh si pelamar. Bagian marketing bisa mengetahui seperti apa kliennya. Secara pribadi kita juga bisa membaca kepribadian sahabat, calon istri atau suami, keluarga atau orang yang baru anda kenal sekalipun, sehigga lebih mengetahui pribadinya dengan baik dan bisa bersikap lebih tepat menghadapinya plus ditunjang dari indikator kepribadian yang lainnya.

Ingin tahu rahasia tulisan tangan dan tanda tangan lebih jauh? Tunggu catatan berikutnya!

Salam Persahabatan

Ichsan Hamasah, C.H., C.Ht.

Trainer & Mind Thraphist

Direktur Alif Cahaya Persada

About these ads