Saat ini masyarakat Indonesia mulai mengenal hypnosis, baik dari pertunjukan televisi maupun dari pemberitaan di berbagai media masa. Seiring dengan semakin gencarnya publikasi, masyarakat juga dihadapkan pada berbagai informasi yang tidak tepat mengenai hypnosis. Beberapa pandangan yang salah tentang hypnosis, yang beredar di masyarakat, antara lain, hypnosis adalah praktek supranatural, hypnosis sama dengan gendam.
Apakah hypnosis seperti itu? Tentu tidak. Pandangan yang salah tentunya akan sangat merugikan masyarakat. Masyarakat yang tidak mengerti hypnosis yang sebenarnya akan menutup diri dan menolak mempelajari hypnosis, dan tentunya tidak akan bisa mendapatkan manfaat luar biasa dari praktek hypnosis.

Kata Hypnosis berasal dari kata hypnos, yaitu dewa tidur pada mitologi Yunani. Hypnosis adalah ilmunya, hypnosis adalah orang yang melakukan hypnosis, sedangkan hypnositisme sama dengan hipnosis.
Para pakar hypnosis memberikan definisi hypnosis sebagai berikut :
1. Hypnosis adalah suatu kondisi di mana perhatian menjadi sangat terpusat sehingga tingkat
sugesti meningkat.
2. Hypnosis adalah seni komunikasi untuk mempengaruhi seseorang sehingga mengubah
tingkat kesadarannya, yang dicapai dengan cara menurunkan gelombang otak.

Manfaat Ilmu Hypnosis

Ada banyak hal yang dapat kita lakukan dengan menggunakan hypnosis.Umumnya orang hanya mengenal hypnosis seperti yang ditayangkan oleh stasiun televisi, yaitu hypnosis untuk hiburan. Hypnosis bisa digunakan juga untuk Clinical Hypnosis atau Hypnotheraphy. Salah satu hypnotheraphy yang ada dalam tulisan ini adalah theraphy tentang motivasi & rajin belajar.
Kondisi hypnosis sebenarnya identik dengan gelombang otak alfa dan theta. Gelombang alfa berada pada kisaran 8 – 12 Hz dan theta pada 4-8 Hz. Saat seseorang berada dalam kondisi trance maka kisaran gelombang otaknya pasti berada di antara alfa dan theta.
Dalam kondisi terhypnotis, orang akan mudah dimasuki dengan sugesti. Untuk terapi hypnotheraphy, sugesti yang ditanamkan adalah sugesti untuk rajin belajar dan motivasi belajarnya meningkat.
Namun dalam hal ini bukan artinya dengan telah diberikan sugesti dan diprogram ulang alam bawah sadarnya, lantas otomatis seseorang itu langsung pintar. Hypnosis berfungsi untuk membongkar mental block dan mengkondisikan agar ia senang dan rajin belajar. Dengan rajin belajar, otomatis prestasi akademiknya akan meningkat. Jika ia tidak belajar, jangan harap akan ada perubahan.

Bagaimana Rasanya di Hypnosis
Orang yang berada dalam kondisi hypnosis akan merasa sangat rileks, nyaman, tenang, dan damai. Seluruh tubuh menjadi sangat rileks dan lemas. Orang yang dihypnosis tetap sadar apa yang terjadi di sekelilingnya, tapi pikirannya sangat fokus dan siap menerima sugesti. Kondisi rileks yang dicapai dengan hypnosis selama 15 menit setara dengan 5 jam tidur alamiah.
Berdasarkan pemahaman di atas, jelas bahwa ilmu hypnosis itu banyak manfaatnya diantaranya untuk mensugesti alam bawah sadar seseorang untuk menjadi bagian dari konsep dirinya. Khusus untuk hypnosis bidang pendidikan , maka sugesti yang ditanamkan adalah sugesti untuk rajin belajar dan memiliki motivasi belajar yang tinggi. Mudah-mudahan informasi ini dapat bermanfaat untuk membantu problematika dalam kesulitan belajar di samping metode tehraphy yang lainnya.