sahabat…

yu….kita lanjutin lagi… catatan kita tentang Mengenal kepribadian.

Edisi kemarin kita sudah bahas tentang pribadi koleris dan sanguinis, kita lanjutkan ke bahasan berikut ini:

# Pribadi Phlegmatis

Orang plgmatis adalah tipe orang yang yang paling menyenangkan dijadikan kawan. mereka mempunyai sifat pemalu dan tidak suka menonjolkan diri. Mereka menyukai keramaian atau sosialisasi sejauh keramaian itu tidak terpusat pada diri mereka. Orang plegmatis adalah orang yang sopan dan mempunyai aturan yang baik dalam pergaulan.

Orang plegmatis dapat diandalkan untuk hal pekerjaan yang rutinitas. Mereka tidak suka dengan kejutan. mereka melakukan sesuatu dengan metode yang baku, teruji, dann standar tanpa banyak variasi.

Orang plegmatis bersifat sentimentil. Mereka biasanya akan menyimpan surat-surat lama, foto kenangan, surat cinta, tanda kenangan, dan buku-buku lama. Semua ini berguna untuk mengenang kembali masa-masa lalu mereka yang menyenangkan dan penuh arti.

Orang plegmatis adalah tipe diplomat. Mereka dapat melihat berbagai hal dari sudut pandang orang lain. Mereka juga sangat sabar dan juga bisa sangat humoris. Dengan kesabaran, simpati, empati, dan ketenangan yang dimilikinya, orang plegmatis bisa menjadi pemimpin yang hebat dan disenangi oleh bawahannya.

Kelemahan Pribadi Plegmatis

Orang plegmatis kadang kala bisa menjadi penakut. Mereka tidak suka dengan situasi yang tidak mereka kenal. dalam bersikap tipe ini juga suka plin plan. Mereka juga tipe penonton—kurang aktif dan kurang inisiatif. Mereka lebih suka di belakang layar dan tidak senang menjadi pusat perhatian.

Orang plegmatis juga cenderung mencari selamat. Mereka takut mendapat malu. Orang plegmatis kadang kala kurang bersemangat, kurang motivasi. Mereka lebih suka diam dan menunggu perintah untuk mengerjakan sesuatu. Bila mereka tidak diberi penghargaan dan pengarahan, maka mereka akan menjadi frustasi dan menyerah, tidak mau mengerjakan apa-apa lagi. Sebaliknya, bila mereka mendapat pengarahan dan bimbingan , mereka akan mau mengerjakan lebih banyak daripada yang diharapkan.

#Tipe Pribadi Melankolis

Tipe kepribadian ini adalah tertutup dan serius, namun cerdas dan sangat kritis dalam berpikir. Mereka dapat mengerjakan suatu hal jauh lebih tekun dibandingkan tipe kepribadian yang lainnya. Orang melankolis sangat berhati-hati, teliti dan suka curiga. Mereka tidak senang membuat kesalahan.

Orang melankolis sangat senang dengan detail. Mereka menyukai data, fakta, angka-angka, dan grafik. Semakin lengkap datanya semakin suka.Mereka memiliki insting dan bakat sebagai penemu.

Orang melankolis memiliki sifat perfeksinonis. Mereka akan selalu memeriksa hasil fotokopi yang mereka peroleh karena khawatir hasil fotokopinya tidak sama dengan aslinya. Mereka juga sangat idealis. dan ingin menjadi yang terbaik.

Orang melankolis juga sangat rapi. Bagi mereka, penampilan luar mencerminkan keadaan di dalam. Jadi , segala hal haruslah tersusun serapi mungkin.

Kelamahan Pribadi Melankolis

Orang melankolis sering kali murung. Bila ada tantangan cenderung mereka bersikap negatif, dan kaku. Tipe ini juga cenderung tidak suka bersosialisasi. Mereka merasa lebih damai dan bahagia dengan mereka sendiri.

Orang melankolis suka melindungi dirinya sendiri.Mereka tidak suka mengambil resiko karena ada kemungkinan mereka akan gagal. Sifat ini membuat mereka sangat segan mencoba hal-hal yang baru.

Orang melankolis juga sangat pendendam. Jika mereka ingin membalas perbuatan temannya, mereka bisa sangat sabar menunggu waktu yang tepat untuk melakukan pembalasan yang setimpal. Tidak mudah bagi mereka untuk memaafkan orang yang pernah melakukan kesalahan pada mereka.

Dengan melihat catatan di atas mudah-mudahan kita bisa menyikapinya dengan arif dan bijaksana, khususnya dalam hal bertindak dan berkomunikasi. Pada akhinya kita akan menjadi pribadi yang menarik dan bermanfaat bagi lingungkan kita.

Sahabat…

Untuk catatan dari saya serial mengenal diri kita akan dilanjutkan dengan kupasan mengenai Rahasia Tulisan tangan, tanda tangan, hingga wajah.

Salam Persahabatan!!

Ichsan Solihudin,S.S., C.H., C.Ht.

Trainer-Motivator & Mind Theraphy

Direktur PT. Alif Cahaya Persada
(Menaungi unit usaha : Alif Computer & Penjualan ATK, Alif Warnet, Mind Training Center & As Syifa Theraphy Center)

Konselor & Manager Marketing Pusat Biimbingan Belajar Villa Merah