Sahabat…
Diri kita atau teman kita ada yang pribadinya mudah bersahabat, pendiam, keras kepala , pemarah, pendendam, penyabar, santai, perfeksionis, penggembira, optimis, pesimis, dll.

Nah… ternyata ada salah satu teori untuk mengenal kepribadian manusia, dan ini bermanfaat bagi kita untuk melancarkan bidang bisnis, untuk pergaulan, bagi yang sedang mencari pasangan hidup, atau untuk mendidik anak pun masih ok. Tingal tujuannya untuk apa.

Sahabat…

Manusia terbagi atas berbagai tipe kepribadian. Ada yang Koleris, Sanguin, Phlegmatis, dan Melankolis.

#Tipe Kepribadian Koleris

Orang koleris dikenal sebagai orang yang keras, tegas, dan sangat menuntut. Selain memiliki energi yang besar untuk melakukan hal-hal yang sulit, mereka juga memiliki dorongan dan keyainan yang kuat akan kemampuan diri mereka. Mereka pantang menyerah. Tidak ada yang namanya “kegagalan” dalam kamus mereka. Bila mereka gagal akan terus mencoba. Dan siapa yang berusaha menghalangi niatnya akan dianggap musuhnya.

Orang koleris percaya bahwa mereka dilahirkan menjadi pemimin. Dalam setiap kegiatan, orang koleris akan selalu tampil di depan dan menjadi pemimpin kelompok. Dalam berpikir, orang koleris adalah orang yang berpikir cepat. Mereka cepat dalam mengambil keputusan. Orang koleris tidak bisa diam. Mereka selalu saja mencari pekerjaan. Berdiam diri bagi mereka adalah suatu tindakan yang sia-sia. Dengan kekuatan ini, mereka mampu mengerjakan beberapa tugas sekaligus dengan hasil yang sama baiknya.

Kelemahan Pribadi Koleris

Sebenarnya kelemahannya tidak ada; yang ada adalah kekuatan yang digunakan secara berlebihan. Keinginan mereka untuk menjadi nomor satu adalah hal yang alami bagi mereka. ini tidak berarti bahwa mereka egois, tetapi ini lebih disebabkan oleh dorongan perasaan bahwa kalau mereka sudah dapat posisi atau keadaan yang baik, maka mereka akan membantu orang lain dengan lebih baik.

Mereka sering terlihat bangga dan menunjukkan kekuasaan atau superioritas.Sebenarnya mereka tidak bermaksud demikian, tetapi ini disebabkan mereka ingin lebih menunjukkan kepercayaan dirinya.

Orang koleris terkadang kurang bijaksana. Dalam bertindak, mereka sering kali bisa menjadi sangat marah terhadap hal-hal yang kecil. Dan kalau sudah marah, mereka bisa sangat kasar dalam berbicara. Walaupun mudah marah, ternyata tipe ini juga mudah memaafkan orang lain. mereka juga bisa dengan mudah melupakan kemarahannya.

#Tipe Kepribadian Sanguin

Orang sanguin dikenal ramah dan sangat suka berbicara. mereka bisa berbicara kepada siapa saja dengan menggunakan topik apa saja. mereka penuh inspirasi dan juga sangat aktif. Dengan kemampuan bicara yang prima, orang sanguin dapat mempengaruhi orang lain untuk percaya pada apa yang mereka katakan. Mereka bisa menjadi pembicara yang hebat dan sekaligus motivator yang menyenangkan.

Selain pintar mempengaruhi orang lain, orang sanguin ternyata juga mudah dipengaruhi.Meraka pintar membuat kesan, banyak kawan, dan menyukai kehidupan sosial. Orang sanguin juga punya selera humor yang tinggi. Di tambah lagi dengan antuisme dan sikap yang ekspresif, mereka selalu menjadi bintang dalam setiap pertemuan.

Dalam pekerjaan, orang sanguin tidak suka dengan pekerjaan yang rutin dan monoton. mereka sangat menyukai kegiatan yang bersifat spontan. Mereka juga tidak keberatan untuk menjadi sukarelawan dalam melakukan tugas. Mereka kreatif dan inovatif serta selalu memikirkan kegiatan baru yang menyenangkan. Orang sanguin mempunyai energi dan antusiame, pandai memberikan ilham bagi orang lain, dan pintar mendorong serta memotivasi orang lain untuk turut bekerja.

Kelemahan Pribadi Sanguin

Orang sanguin sering tidak disiplin dan tidak tepat mepati janji. Mereka sulit bertahan dalam suatu proyek yang rumit dan memakan waktu yang lama. Orang sanguin tidak mengalami kesulitan berbicara dengan orang lain, namun mengalami kesulitan untuk mendengarkan orang lain.

Orang sanguin selalu ingin membesar-besarkan sesuatu agar dapat perhatian dan popularitas. Jangan pernah ceritakan rahasia Anda pada orang sanguin karena , tipe ini sulit untuk menjaga rahasia. Rahasia anda akan menjadi rahasia umum. Mereka cenderung bertindak sebelum berpikir, dan terkadang kurang tegas sehingga sering diperalat oleh orang lain.

Ok….

Masih Semangat…
Masih Antusias…

Baik….
Untuk dua kepribadian yang lainnya yakni Melankolis dan Phlegmatis, akan dilanjutkan di edisi kedua ya…

(inspirasi tulisan dari “Born to be a Gebnius”. karya Adi W. Gunawan
Salam Persahabatan !