Salam Sukses !

Banyak jalan menuju Roma, itu adalah pribahasa yang menyiratkan bahwa untuk meraih kesuksesan ada berbagai cara. Sebagai pelajar yang ingin sukses tentu harus diawali dengan mengenal diri kita sendiri. Apakah kita sudah mengenalnya? Kelemahan dan kehebatan apa yang ada dalam diri kita?

Seandainya kita kenal dengan baik, maka bersiaplah kita akan mengalami kemajuan dengan pesat bagaikan anak panah menuju sasarannya. Jangan salah juga, karena di antara kita banyak yang tidak mengenali dirinya sendiri. Alangkah sayang dan sedihnya kita, jika bertahun-tahun kita tidak mampu mengenal diri yang selalu dibawanya bersama.

Padahal seharusnya kita sudah lebih paham benar dengan segala kemampuan yang kita miliki. Tidak ada waktunya bagi kita, untuk mengoreksi kesalahan-kesalahan teman kita. Sementara diri kita sendiri sering lali akan diri sendiri.

Sahabat…
Sibukkan diri kita untuk selalu melihat dan memperbaiki diri sendiri. Mintalah masukan dari teman-teman kita untuk memberikan masukan atau kritikan yang sifatnya membangun untuk memberikan penilaian terhadap sifat dan perbuatan kita.

Bila kekuatan ini telah kita rasakan, tak perlulah kita berlama-lama untuk menunggu meraih cemerlangnya segudang prestasi. Sebuah percepatan karena adanya sebuah pengenalan. Jika sekarang kita bisa melakukannya, mengapa harus dinanti-nantikan.

Sahabat …perhatikan sebuah potensi kekuatan kita di bawah ini!
• Dalam tubuh manusia terdapat 1 trilyun sel
• Dalam 1 sel terdapat 23 pasang kromosom
• Dalam satu kromosom terdapat 3 milyar DNA
• DNA manusia disusun oleh 4 alfabet yaitu A,T,C dan G (Adenin, Timin, Guanin, Citosin)
• Kalau susunan alfabet manusia disusun maka panjangnya tidak kurang dari 600 kali jarak bumi matahari
• Hasil penemuan Prof. Isaac Asimov dalam The Brain mengapa kita tidak menjadi pelajar yang lebih baik, padahal kita memiliki 200 milyar sel otak ?
• Mengapa kita tidak lebih baik dalam mengingat, padahal otak kita dapat menggunakan sekitar 100 milyar bit informasi ? (sama dengan 500 ensiklopedia)
• Mengapa kita tidak menjadi pemikir yang lebih cepat, padahal pikiran kita bergerak dengan kecepatan lebih dari 300 mil per jam ? (lebih cepat dari kereta tercepat ?)
• Mengapa kita tidak lebih baik dalam memahami, padahal otak kita memiliki lebih dari 100 trillyun hubungan yang mungkin ? (sehingga komputer yang paling canggih sekalipun ketinggalan)
• Mengapa kita tidak lebih kreatif, padahal rata-rata kita mempunyai 4 ribu pikiran setiap 24 jam ?

Dengan demikian jangan remehkan setiap perbuatan kita yang keluar bersama niat baik untuk merubahnya. Dengan tindakan, & kekuatan potensi kita akan terlihat oleh kita. Jika kita sering terjerembab pada lubang kemalasan, keputusasaan, keminderan, maka ketika kita telah mengenal dan berhasil dengan potensi kekuatan kita, tidak ada kata TIDAK untuk mengusir musuh-musuh kita itu.

Salah satu faktor yang bisa membuka lebar potensi kekuatan kita tiada lain adalah rasa keoptimisan yang telah ada sejak lama dalam diri kita. Berpikirlah bahwa kita berbeda dengan orang lain

Sebait syair sebuah lagu Nasyid “Raihan”, mudah-mudahan akan menggugah sahabat…

Dalam semua tindakan kita niatkanlah karena Allah
Agar kita mendapat berkah dalam senang ataupun susah
Dalam setiap amalan kita, mulailah dengan berdo’a
Bersungguhlah dalam usaha
Berbuatlah yang sebaik-baiknya

Semoga catatan ini bermanfaat bagi mereka yang ingin berprestasi karena Allah & sebagai jalan ibadah menuju surga.Amien…

Ichsan Hamasah ,S.S.C.H., C. Ht.
Trainer-Motivator- Mind Theraphist
Manager Marketing & Konselor Pusat Bimbingan Belajar Villa Merah
Direktur Alif Cahaya Persada